Pentingnya Online Consumer Review (OCR) Dalam Belanja Online


22 Feb 2022/heni susilowati, s. e. m. m/Informasi/229 View

E-commerce kian marak seiring dengan berkembangnya internet dan fasilitas penunjangnya. Banyak produk yang bisa dibeli atau memesan sesuatu hanya dengan satu ketukan di ponsel pintar, tablet dan PC. Internet memiliki peran penting dalam mengenalkan kita pada dunia maya. Melalui internet semakin memudahkan proses globalisasi, era dimana batas-batas geografi antar negara tidak lagi menjadi hambatan dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar individu. Pesatnya perkembangan internet dan kondisi pandemi covid-19 mendorong munculnya pergeseran berbelanja dimana masyarakat cenderung lebih menyukai berbelanja online daripada offline. Perubahan gaya hidup konsumen ini mengakibatkan peningkatan pembelian secara online. Namun, tak jarang ada yang salah beli atau salah memesan produk. Itu karena dalam penjualan online, pembeli tidak dapat menyentuh, mencoba, atau bahkan melihat secara langsung. Pembeli hanya bisa mengandalkan deskripsi produk ataupun jasa dari produsen. Sehingga agar tidak salah beli produk atau salah pesan, maka cara termudah adalah dengan terlebih dahulu melakukan riset soal produk tersebut melalui ulasan online yang ada.
Manfaat review online diantaranya adalah:

  1. Menumbuhkan tingkat kepercayaan calon pelanggan

Dalam bisnis online, rasa saling percaya antara penjual dan pelanggan sangatlah penting. Salah satu cara dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan adalah melalui review online. Sebelum benar-benar membeli barang, kebanyakan orang cenderung menelusuri internet untuk membaca review online mengenai kualitas produk yang akan dibelinya. Jadi jika bisnis Anda mendapatkan banyak review yang baik, hal ini tentu bisa meningkatkan kepercayaan pembaca review atau calon pelanggan tersebut dan mendorongnya untuk membeli

  1. Merupakan sarana pemasaran yang efektif

Disadari atau tidak, review online juga bisa jadi sarana pemasaran yang efektif bagi brand dan produk yang dijual. Pelanggan yang merasa puas tidak akan segan menceritakan pengalamannya di toko online Anda. Jadi, bisa dibilang review online bentuk baru electronic word of mouth (eWOM) yang saat ini tengah populer dan penting.

  1. Sebagai Apresiasi ke Pelanggan

Adanya review online juga sebagai kesempatan untuk menunjukkan apresiasi terhadap pelanggan. Saat mengunggah ulang review positif yang ditulis oleh pelanggan di blog atau media sosial bisnis merreka akan merasa dihargai.

  1. Meningkatkan penjualan

Review online yang ditulis dengan baik dapat menarik pelanggan-pelanggan baru, apalagi jika yang menuliskannya adalah orang yang terkenal seperti seorang influencer atau artis, sehingga akan memberikan prestise tersendiri bagi brand dan bisnis online Anda.

Sudah waktunya Anda menanggapi review online dengan lebih serius dan berikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan dan calon pelanggan. (HNS)

Kategori Berita
berita(16)
Informasi(30)