Etika Dalam Berbisnis


10 Nov 2021/heni susilowati, s. e. m. m/berita/255 View

Etika dalam berbisnis diperlukan untuk membangun usaha bisnis tetap survive dan berkelanjutan agar mendapatkan  tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat. Etika dalam berbisnis digunakan sebagai landasan norma serta perilaku yang wajib di patuhi oleh semua lapisan yang ada di dalam perusahaan . Bisnis yang beretika bertujuan untuk membedakan mana yang benar dan manakah yang salah bagi perusahaan dalam mengambil setiap keputusan yang berhubungan dengan masalah moral yang berlaku di masyarakat. Sehingga perusahaan akan mendapatkan nilai positif dan kepercayaan di mata masyarakat. Sebagai pelaku bisnis kita harus mengetahui bagaimana langkah dan cara untuk melakukan etika dalam berbisnis. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan dalam menjalankan usaha bisnis.

1. Bersikap jujur

Salah satu karakter seorang entrepreneur adalah memiliki sifat religius, dimulai dengan membiasakan diri untuk bersikap jujur dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Adanya ketidakjujuran dalam menjalankan bisnis bisa membuat masyarakat mempersepsikan bahwa usaha yang kita kelola telah melakukan kecurangan dan penipuan.  Sekali melakukan ketidakjujuran dapat menghancurkan bisnis yang sudah dibangun bertahun-tahun. Misalnya jujur menjual produk sesuai yang dipromosikan, tidak mengurangi berat timabangan dan lainnya.

2. Menyebutkan Nama

Perusahaan akan mendapatkan nilai positif karena dianggap beretika yaitu selalu menyebutkan nama. Setiap kali bertemu dengan relasi maupun stakeholder bisnis anda jangan lupa untuk selalu menyebutkan nama. Akan lebih baik lagi kalau memberikan kartu nama kepada mereka. Memperkenalkan diri dan memberikan kartu nama membantu kita untuk tampil lebih profesional serta sebagai bentuk niat baik kepada pihak lain.

3. Mempergunakan Bahasa yang Baik

Ketika sedang membicarakan bisnis dengan pihak investor, supplier, konsumen dan lainnya hindari memakai istilah maupun bahasa yang terkesan kasar. Pemakaian bahasa yang baik mencerminkan bahwa perusahaan dan bisnis yang kita dijalankan selalu menghargai orang lain.

4. Kenakan Pakaian yang Rapi

Pakaian Anda mencerminkan siapa diri Anda. Klien, konsumen, investor dan pihak lain yang berhubungan dengan bisnis Anda bisa percaya kalau berpakaian selalu rapi sehingga menambah tingkat kepercayaan karena terlihat lebih profesional.

5. Berdiri Saat Jabat Tangan

Sambut tamu Anda dengan mengajaknya berjabat tangan dan lakukan sambil berdiri. Setelah itu persilahkan mereka untuk duduk barulah Anda kembali ke kursi Anda. Perlakuan sederhana ini akan membuat klien merasa dihargai.

6. Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih yang disampaikan secukupnya dengan cara formal akan membentuk kepercayaan pada diri klien ataupun relasi bisnis. Namun jika ucapan terima kasih dilakukan secara berlebihan malah akan memberikan kesan kurang sopan jadi cukup sewajarnya saja.

Nah itu tadi tips etika dalam berbisnis agar mendapatkan kepercayaan dari relasi dan mitra bisnis, semoga bermanfaat  dan terus semangat menjalankan usaha bisnis. (HNS)

Kategori Berita
berita(16)
Informasi(30)