Aspek Lingkungan Dalam Kelayakan Bisnis


26 Apr 2022/heni susilowati, s. e. m. m/Informasi/240 View

Maksud dan tujuan membuka usaha bisnis untuk membujuk orang agar mau membeli produk yang kita buat, mau memakai jasa yang kita tawarkan sehingga produk dan jasa yang kita buat bisa beredar, berkembang dan dikenal masyarakat luas sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Ada beberapa jenis lingkungan yang memengaruhi kegiatan suatu bisnis, yang dijalankan oleh pelaku bisnis. Pada dasarnya lingkungan tersebut dapat dibedakan atas dua lapis yaitu lingkungan internal, yang mungkin dapat dikendalikan secara organisastoris oleh para pelaku usaha dan lingkungan eksternal, yaitu lingkungan yang berada di luar kegiatan bisnis yang tidak mungkin dapat dikendalikan begitu saja oleh pelaku bisnis sesuai dengan keinginan perusahaan. Yuuk…kita bahas lebih detail lagi.

  1. Lingkungan Internal

Faktor-faktor intern yang mempengaruhi kegiatan bisnis seperti:

a. Tenaga kerja (karyawan)

b. Modal (money)

c. Material (bahan baku)

d. Machine (peralatan mesin dan komputer)

e. Metode (manajemen yang digunakan pelaku bisnis)

2.  Lingkungan Ekternal (lingkungan jauh)

Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kegiatan bisnis seperti

  1. Lingkungan ekonomi dan hukum, berkaitan dengan bagaimana orang bersedia memulai bisnis baru jika risiko kehilangan uang mereka tidaklah terlalu besar. Pemerintah dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi risiko memulai bisnis dan dengan demikian meningkatkan kewirausahaan dan kekayaan.
  2. Lingkungan teknologi,  berkaitan dengan alat dan mesin yang mengubah lingkungan bisnis dan hal yang paling penting di antara perkembangan-perkembangan teknologi adalah internet.
  3. Lingkungan persaingan, berkaitan dengan persaingan bisnis yang ketat saat ini beberapa perusahaan memfokuskan diri tidak hanya pada kualitas tetapi menjadikan perusahaan mampu bersaing dalam pasar dunia. Perusahaan kini harus menawarkan produk berkualitas tinggi dan layanan prima pada harga berasing nilai.
  4. Lingkungan social, berkaitan dengan demografi jumlah, kepadatan, dan karakteristik-karakteristik, seperti umur, ras, gender, dan pendapatan. Adanya pergeseran besar populasi membawa peluang-peluang baru bagi beberapa perusahaan dan menurunnya peluang bagi sebagian perusahaan lainnya.
  5. Lingkungan global, berkaitan dengan perubahan penting tumbuhnya persaingan internasional dan meningkatnya perdagangan bebas antarbangsa. Dua hal yang menyebabkan bertambahnya perdagangan adalah perbaikan transportasi dan komunikasi. Perubahan-perubahan ini mencakup sistem distribusi yang lebih efisien dan kemajuan-kemajuan komunikasi seperti internet. Perdagangan dunia (globalisasi) telah sangat memperbaiki standar hidup di seuruh dunia.

Dengan menganalisa aspek lingkungan ini, dapat mengetahui apakah lingkungan bisnis yang Anda pilih sudah sesuai dengan ide bisnis yang hendak dijalankan. Atau apakah bisnis yang akan jalankan dapat memberi banyak manfaat atau malah sebaliknya. Ide bisnis Anda tentu dinyatakan layak apabila mampu memberi banyak manfaat lebih besar dibandingkan dengan dampak negatif pada lingkungan tersebut. (HNS)

Kategori Berita
berita(16)
Informasi(30)